PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PRODUK DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN

(Studi kasus Bank Jatim Capem UWK di Surabaya)

Authors

  • Rossitya Dwi Setyawardani Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i1.79

Keywords:

service quality, product quality, customer value, customer satisfaction, customer loyalty

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan kualitas layanan, kualitas produk, dan nilai layanan nasabah dengan kepuasan nasabah dan nasabah loyalitas nasabah pengembangan regional Bank Cabang UWK Jatim di Surabaya. Ini berarti kualitas layanan yang berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan dan nilai layanan  pelanggan yang berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Juga, penelitian ini berusaha membuktikan efek langsung dari kualitas layanan loyalitas pelanggan, efek langsung dari kualitas produk loyalitas pelanggan, efek langsung pada nilai pelanggan loyalitas pelanggan. Penelitian bebas variabel adalah kualitas layanan (X1),kualitas produk (X2),dan nilai layanan pelanggan (X3), mediasivariabel adalah kepuasan pelanggan (Z), dan terikat variabel adalah loyalitas pelanggan (Y). Populasi penelitian adalah klien yang menabung di Bank Pembangunan Daerah Cabang Jawa Timur UWK di Surabaya; sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan lebih dari dua kali dan setidaknya satu tahun. Ukuran sampelnya adalah 266 nasabah pengembangan regional Bank Cabang UWK Jatim di Surabaya. Teknik analisis SEM dengan AMOS. Hasil sem membuktikan hipotesis 1 yang diterima: kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap nasabah kepuasan nasabah Regional Development Bank Cabang Jawa Timur UWK di Surabaya, hipotesis 2 ditolak: itu artinya kualitas layanan tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap nasabah loyalitas nasabah pengembangan regional Bank Cabang UWK Jatim di Surabaya, hipotesis 3 diterima: kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap nasabah kepuasan nasabah regional hipotesis 4 yang diterima: kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap nasabah loyalitas nasabah pengembangan regional Bank Cabang UWK Jatim di Surabaya, hipotesis 5 diterima: nilai nasabah berpengaruh signifikan terhadap nasabah kepuasan nasabah pengembangan regional Bank Cabang UWK Jatim di Surabaya, hipotesis 6 menolak: itu artinya nilai nasabah tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap nasabah loyalitas nasabah pengembangan regional Bank Cabang UWK Jatim di Surabaya , hipotesis 7 diterima: kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap nasabah loyalitas nasabah pengembangan regional Bank Cabang UWK Jatim di Surabaya

References

Afshar, A. J., Mohammad A.H.G, Seyed A.M., Khaled N., and Seyed M.S.K. 2011. Study the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty (automotive industries). Journal of Humanities and Social Science. Vol.1 No.7.

Dharmmesta, Basu Swastha. 2013. “Loyalitas pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan bagi peneliti”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, vol. 14, No. 3, 1999, hal. 73 – 88.

Haksever, C., Barry, R., Roberta, S.R., and Robert, G.M. 2000. Service Management and Operations. New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Hardiawan, Febra dan Imam Mahdi. 2005. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesetiaan Konsumen terhadap Sebuah Merek Rokok (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta)”.Fokus Manajerial, Vol. 3, No. 1.

Hidayat, R. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 11. No. 1. Teknik Industri. Madura: Universitas Trunojoyo.

Mabruroh. 2010. “Membangun kepuasan konsumen dan akses loyalitas”. Benefit, Vol. 7 No. 2, Desember 2003, hal. 167 – 175.

Puspa, R., Permana, A., & Karunia, E. (2020). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN BERDASARKAN BAURAN PEMASARAN PADA SUPERMARKET K-STORE KRAKATAU JUNCTION. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 208-216.

Sanka, M.S. 2012. Bank Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty in Ethiopian Banking Sector, Journal of Business Administration and Management Sciences Research, Vol. 1, No. 1, pp. 001-009

Published

2021-02-08

How to Cite

Rossitya Dwi Setyawardani. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PRODUK DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN: (Studi kasus Bank Jatim Capem UWK di Surabaya). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(1), 230-239. https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i1.79