PERSEPSI MANFAAT DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOP

( STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN)

Authors

  • Nanto Purnomo Universitas Islam Lamongan
  • Moh. Nur Hidayat Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i1.61

Keywords:

perilaku konsumen, persepsi manfaat , keputusan pembelian online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku pembelian online yang berdasarkan pada persepsi manfaat konsumen. Selain itu hasil penelitian dapat digunakan sebagai pertimbangan para pelaku usaha yang terjun ke dunia online. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survei atau kuisioner dengan menggunakan pengukuran berdasarkan skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang secara sederhana menjelaskan fenomena yang ada dengan menggunakan angka untuk mengelompokkan individu atau kelompok. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan Uji-t dengan alat bantu IBM SPSS Statistik 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bila semakin besar tingkat Persepsi Manfaat (X) yang terpenuhi maka semakin tinggi tingkat keputusan konsumen dalam pembelian online (Y). Hasil dari pengujian uji-t menunjukkkan bahwa variabel Persepsi Manfaat (X)  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan konsumen dalam pembelian online (Y) yang artinya Semakin tinggi Persepsi Manfaat maka semakin tinggi pula tingkat keputusan pembelian online.

References

Adnan, H.(2014). An Analysis of the Factors Affecting Online Purchasing Behavior of Pakistani Consumers. International Journal of Marketing Studies, 6(5), 134-147

Ayu, B. P., Wahyullah, M., & Wijayanto, S. A. (2020). PENGARUH MOTIVASI, SIKAP DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI TERHADAP MINAT MENJADI AKUNTAN PERUSAHAAN PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMM MATARAM. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(1), 175-183.

Ferdinand. 2002. Structural equation modeling (SEM) dalam Penelitian Manajemen. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Forsythe, et al.(2006). Development Of A Scale To Measure The Perceived Benefits And Risks Of Online Shopping. Journal of Interactive Marketing, Vol. 20, No 2. Published online in Wiley InterScience, 56-57.

Kotler,P. & Arm strong, G.(2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Rohaeni, N., & Ma’mun, A. S. (2020). PENGARUH LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN TUNAI DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN INDEX IDX HIGH DIVIDEN 20. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(1), 38-46.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung

Suhir, M., Suyadi, I. & Riyadi. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Secara Online: Survei terhadap Pengguna Situs Website www.kaskus.co.id. Jurnal Administrasi Bisnis, 8 (1).

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode penelitian. PT Refika Aditama. Bandung.

Sumarwan, U.(2014).Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran.Edisi Kedua.Jakarta: Ghalia Indonesia, 4-6.

Widiyanto, Ibnu & Sri Lestari. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 17 No 2, 109-112.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/01/20/berapa-jumlah-pengguna-smartphone-dunia

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4035894/batik-mbah-guru-batik-desa-yang-menembus-dunia

Published

2021-02-08

How to Cite

Nanto Purnomo, & Moh. Nur Hidayat. (2021). PERSEPSI MANFAAT DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOP: ( STUDI KASUS DI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(1), 93-103. https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i1.61